Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Bappeda Ikuti Pelatihan FMIS

Guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Bappeda Kutai Kartanegara ikuti pelatihan  Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah berbasis web  Financial Management Information System (FMIS) yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Kartanegara Sabtu 3 Desember 2022 lalu di Hotel Mercure Samarinda.

Pelatihan ditujukan kepada seluruh Pejabat Penatausaha Keuangan dan Bendahara seluruh OPD di lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara ini dibuka Kepala BPKAD Sukotjo diikuti oleh Pejabat Penatausaha Keuangan Yeannie Asfianty didampingi Bendahara Pengeluaran Bappeda Viona Fatmasari, Operator SPP dan SPM Pahrurozi dan Li’atun.

Sukotjo menjelaskan tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai upaya persiapan proses penatausahaan dan pelaporan keuangan daerah pada Tahun Anggaran 2023 sebagai tindak lanjut kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terkait penggunaan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah.

Iman Santoso dari BPKP Samarinda sebagai Narasumber pada kegitan ini menjelaskan bahwa di Tahun 2023 terjadi peleburan dengan Aplikasi SIPD, kemudian terbitnya Perpres No.95 Tahun 2018  tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik ( SPBE ) maka BPKP terus mengembangkan sistem informasi keuangan daerah yang terintegrasi yaitu SIMDA-NG (FMIS).

Lebih lanjut dijelaskan Iman BPKP mengembangkan CACM, suatu tools pengawasan bagi manajemen dan APIP sebagai upaya memperkuat pengawasan agar lebih efektif, efisien dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Sukotjo berharap dengan adanya sistem Financial Management Information System (FMIS) ini terciptanya penatausahaan keuangan daerah yang lebih baik lagi di Kutai Kartanegara.