Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Seminar Nasional Gerakan Menuju Kota Cerdas

Sebagai tindak lanjut dari Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 dimana Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city) kepada lima puluh (50) kota/kabupaten, dan evaluasi implementasi program kota cerdas (smart city) terhadap seratus empat puluh satu (141) kota/kabupaten yang telah terpilih pada 2017-2021 untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Seminar Nasional dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 yang bertema “Recover Together, Recover Stronger”, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, inklusif, dan berkelanjutan.

Seminar yang membahas perkembangan Smart City di Indonesia saat ini, identifikasi permasalahan dan strategi percepatan serta keberhasilan Smart City terutama ketika berhadapan dengan situasi luar biasa seperti pandemi dan lainnya.

Bappeda Kutai Kartanegara dipimpin Plt. Kepala Bappeda Syarifah Vanesa Vilna, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah Syaiful Bahri, Analis Pembangunan Nopianda, dan Analis Perencanaan dan Evaluasi Teddy Irawan berkesempatan menghadiri Seminar yang  berlangsung selama dua hari yang dilaksanakan pada Rabu – Kamis, 30 November – 1 Desember 2022 bertempat di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. 

Adapun Materi yang disampaikan pada hari pertama Seminar ini antara lain : Arsitektur SPBE, yang Menggambarkan maksud dan tujuan Keputusan Menteri PAN-RB No. 25/2022 yang disampaikan oleh KemenPANRB, Infrastruktur SPBE, Update aplikasi SPBE dan pembangunan PDN disampaikan oleh Kemenkominfo, Mari Kolaborasi yaitu memperkenalkan layanan dari mitra startup Direktorat Ekonomi Digital yang disampaikan oleh Direktorat Ekonomi Digital serta Diskusi Panel Menjawab tantangan implementasi SPBE. Kemudian sesi Knowledge Sharing tentang Mengapa Cloud?, Mewujudkan Data-drive Government dan Peran Artificial Intelligence dalam meningkatkan pelayanan warga. 

Kemudian dihari kedua materi  diskusi panel yakni Pentingnya inovasi berbasis digital yang inklusif dan berkelanjutan, Menciptakan kota cerdas yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan, serta Pentingnya Menjalankan Rencana Induk Gerakan Menuju Smart City.

Seminar Nasional ini diikuti  Kemenkominfo RI ,KemenPANRB, BAPPEDA Kutai Kartanegara, Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara , Diskominfo Bandung , Diskominfo Jambi , Diskominfo Purwakarta , Diskominfo Cimahi , Diskominfo Semarang dengan menghadirkan narasumber, Bambang Dwi Anggoro Direktur Layanan Aplikasi Informatika (LAIP),  Adi Guna Mahendra Chief Al dan Innovation  Nodeflux , Dhidik Triwibiwo  Sup Solution , Adi Saifullah Putra Founder dan CEO Mall Sampah.