Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Kunjungan BAPPENAS ke BAPPEDA KUKAR

Kunjungan Lapangan Kementerian PPN/BAPPENAS RI ke Kabupaten Kutai Kartanegara dalam rangka melakukan rapat koordinasi bersama Tim Bappeda Kukar, Sabtu (01/10/22) di ruang rapat lantai 1 Bappeda Kutai Kartanegara.

Rombongan dipimpin oleh Direktur Perencanaan & Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Sumedi Andono Mulyo didampingi oleh Direktorat Regional II Anang Budi Gunawan dan M. Agung Widodo, Septaliana Dewi P, Bimo Arvianto, Serta Rusdianto dan Nana Mulyana selaku Direktorat Tata Ruang Pertanahan dan Penanggulangan Bencana. Rombongan diterima Plt Kepala Bappeda Syarifah Vanessa Vilna didampingi oleh seluruh Kepala Bidang dan Sub Koordinator Bappeda Kutai Kartanegara.Kunjungan lapangan Tim Kementerian PPN/Bappenas RI merupakan bagian dari Kerjasama dan kolaborasi Bappenas dan Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menyiapkan pelaksanaan Kecamatan sebagai Pusat Layanan data dan Informasi serta Kesiapan Kutai Kartanegara sebagai Mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sumedi menjelaskan mengenai Ibu Kota Nusantara mendorong percepatan pertumbuhan melalui 6 Klaster Ekonomi dan 2 Klaster Pendukung diantaranya industri teknologi bersih, farmasi terintegrasi, industri pertanian berkelanjutan, smart city dan pusat industri 4.0, ekowisata dan pariwisata kebugaran, bahan kimia dan produk kimia, energi rendah karbon dan pendidikan abad 21. 

Sementara Agung Widodo Staf  Perencana Bappenas menjelaskan bagaimana membentuk suatu rantai wilayah dalam hal ini IKN yang dimana kunci sebenarnya di logistik, bagaimana menyalurkan barang, kuncinya ada di sistem transportasi pergerakan orang dan barang maka dari itu diperlukan melakukan sinkronisasi antar daerah.

Sementara itu Bimo Arvianto Perencana Madya Bappenas menjelaskan mengenai ketenagakerjaan bahwa dengan adanya IKN akan membuka banyak peluang pekerjaan baru, namun harus waspada dorongan masyarakat untuk segera bekerja Ke IKN dalam artian meninggalkan pendidikannya maka saat IKN membutuhkan pekerja berkualitas dan membutuhkan skill tinggi maka Kukar sudah siap menjaga mereka di jalur pendidikannya. dilanjutkan Setya Rusdianto Tenaga Ahli Bappenas menambahkan bahwa diperlukan suatu wadah untuk dapat mendapatkan informasi secara cepat, satu sama lain harus mensupport cita-cita Kukar sebagai Mitra IKN satu sama lain memiliki peran, satu bidang ke bidang lainnya memiliki peran & menghasilkan data dan informasi yang sama, apabila mencari data dan informasi sudah tersedia di suatu wadah.

Sementara itu Vanessa Vilna Plt Kepala Bappeda mengatakan bahwa sudah menyusun kajian terkait dengan Kukar sebagai wisata budaya, dari dulu tagline Kukar adalah Mitra IKN, apa yang bisa dilakukan Kukar untuk mensupport IKN & manfaat apa yang bisa diberikan IKN untuk Kukar.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah  Saiful Bahri menanggapi penjelasan Setia Rusdianto terkait wadah data-data bahwa institusi sebenarnya sudah ada namun yang ada hanya mulai tahun 2021-2022 hal ini memang masih menjadi kendala.

Dengan adanya kunjungan lapangan ini Sumedi berharap Kerjasama Bappenas dan Bappeda Kukar bisa terus terjalin agar bisa terus berkolaborasi, bersinergi serta berbagi pengetahuan dan informasi perencanaan dan pembangunan diharapkan mampu memberikan perbaikan kualitas perencanaan