Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Lestarikan Kearifan Lokal Bappeda Ikuti Festival Miskat 2022

Dalam rangka turut berpartisipasi pada Festival Kota Raja ke 10 dalam rangkaian Pesta Adat Seni Budaya Erau 2022, Bappeda Kutai Kartanegara Ikuti Festival Miskat 2022 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Kartanegara pada Selasa (20/09/2022) lalu, bertempat di halaman Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Imam Pranawa Utama Ketua Panitia menjelaskan bahwa Baju Miskat adalah pakaian adat Kalimantan Timur yang modelnya terlihat seperti baju zaman Tiongkok Kuno desain busananya unik dan menarik menjadikan miskat sebagai salah satu identitas Kutai Kartanegara.

Pada Festival Miskat kali ini Bappeda Kukar tampil menggunakan Baju Miskat dengan motif Ketopong, Ketopong merupakan Mahkota Sultan Kutai Kartanegara yang melambangkan keagungan dan kemuliaan sebagai pemimpin intelek yang mampu menjadi pengayom dan pelindung bagi masyarakat sebagai pusat kehidupan bernegara dan bermasyarakat yang luwes dan bijaksana.

Motif Ketopong menjadi inspirasi Bappeda sesuai dengan Core Business sebagai perencana yang mengutamakan pada kekuatan analisis yang bersumber dari pikiran yang berbentuk ide dan gagasan dalam melahirkan sebuah rekomendasi kebijakan pembangunan daerah yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat, memajukan peradaban tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal, untuk mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan diselimuti rasa kebahagiaan dalam Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu Asisten III Setkab Kutai Kartanegara,  Totok Heru Subroto saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa bahwa baju miskat telah ditetapkan sebagai bagian baju adat dan wajib dikenakan oleh pegawai pemerintah daerah Kabupaten Kukar setiap hari Kamis. Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi terselenggaranya Festival Baju Miskat yang bernuansa batik khas Kutai Kartanegara sebagai upaya promosi batik khas Kutai.

Edi berharap berharap Festival Baju Miskat ini membawa dampak positif secara ekonomi bagi UMKM dan bagi pelaku industri pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Bupati Juga berharap dengan adanya berbagai festival pada  ulang tahun Kota Tenggarong dan pesta adat Kutai Erau kali ini dengan berbagai acara budaya dapat menumbuhkan semangat banyak pihak dan dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Festival Miskat 2022 diikuti sebanyak 26 OPD (Organisasi Perangkat Daerah ) dilingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara , Bappeda diwakili oleh Duddy Mahendra dan Marianti Dinah dengan urutan tampil ke empat mengenakan Miskat dengan motif ketopong, dengan warna dasar hijau sage dipadukan dengan warna biru dan merah.