Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

RAKORDAL Triwulan I 2022 digelar

Guna berkoordinasi untuk mengetahui sejauh mana progress pelaksanaan kegiatan pembangunan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sebagai bahan evaluasi yang kemudian dijadikan bahan evaluasi untuk perencanaan selanjutnya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelara Rapat Koordinasi dan Pengendalian (RAKORDAL) APBD Semester I Tahun Anggaran 2022, Kamis lalu (7/7/2022) bertempat di Ruang Kartanegara Lantai I Bappeda Kutai Kartanegara.

“Fokus Rakordal ini adalah sesuai dengan Visi Misi Kukar Idaman yaitu mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berbahagia, dan Tema RKPD Kutai Kartanegara 2022 adalah Memperkuat Landasan Bagi Percepatan (Akselerasi) Dan Pembaharuan (Transformasi) Pembangunan Berbasis Potensi Kewilayahan Dan Komoditi Unggulan Daerah “ Jelas Vanesa Vilna Plt Kepala Bappeda Kutai Kartanegara.

Dijelaskan Plt Kepala Bappeda Vanesa Prioritas Pembangunan Tahun 2022 adalah Penyelenggaraan Pemerintah Daerah berbasis Teknologi Informasi, Peningkatan Mutu dan Jangkauan layanan Pendidikan dan Kesehatan, Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja dan Daya Beli Masyakat, Peninkatan Nilai Tambah Komoditas Unggulan Daerah Berbasis Wilayah dan Lingkungan serta Peningkatan Aksebilitas dan layanan Infrastruktur Wilayah.

Ditambahkan Vanesa fokus keberhasilan bagi pembangunan daerah berdasarkan pada Potensi pengembangan daerah secara pendayaan melalui penguatan kecamatan dang pembangunan Kawasan berbasis komoditi unggulan, dalam hal ini kita fokuskan pada bidang pertanian, jelas Vanesa.

Dalam kesempatan ini Plt Kepala Bappeda Vanesa meminta bagi Perangkat Daearah yang menginput pada e-pantau agar segera melakukan input secepatnya agar mencapai target kinerja output dan keuangan Semeter I, karena ini merupakan bagian dari proses penyusunan RKPD Perubahan Tahun 2022, dan dalam hal ini Pemerintah Provinsi telah memberikan batas waktu yaitu 15 Juli 2022 sudah menyerahkan seluruh kelengkapan penyusunan perubahan RKPD Tahun 2022.

Dalam Rakordal kali yang digelar secara luring maupun daring beberapa Kepala Perangkat Daerah memamparkan kondisi masing masing perangfkat daerah, antara lain Rudi Surayadinata Sekretaris Dinas PU menjelaskan akan mengidentifikasi wilayah -wilayah yang yang bersinggungan dengan pengembangan ekonomi dan melakukan analisis terhadap desa desa yang berpotensi sebagai desa mandiri, desa yang masuk kategori 3T ( Tertinggal, Terpencil dan Terluar ) tapi memiliki daya ungkit yang besar, Jelas Rudi.

Sementara itu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dalam arahannya mengatakan bahwa RAKORDAL yang dilaksanakan ini jangan hanya menjadi seremonial saja, tetapi menjadi wadah evaluasi untuk bahan perbaikan.

“ Kita terus berupaya memperbaiki proses administrasi agar cepat menetapaka SK PA, KPA dan Kepala OPD harus melihat konsdisi di perangkat daeranya guna melakukan perubahan dan evaluasi” Tegas Edi.

Dalam Rakor ini Edi menegasakan agar semua OPD melakukan terobosan – terobosan yang baru sesuia dengan target kinerja agar terbentuk lkelompok kerja pemikir yang asearah dengan Program Kukar Idaman dan memperkuat Kolaborasi dengan Lembaga penelitian dan perguruan tinggi sebagai pendamping dalam merumuskan kebijkan – kebijakan yang lebih baik.

Rakordal kali ini dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegera Sunggono, dihadiri Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin, Ketua DPRD Abdul Rasyid, Asisten II Sekretaria Daerah Wiyono, Asisten III Sekretariat Daerah Totok Heru Subroto, Tim Gugus Tugas Kukar Idaman (GTKI), Seluruh Kepala OPD se Kutai Kartanegara baik hadir secara langsung maupun secara online.