Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Bappeda Paparkan Ranperkada RKPD 2023

Bappeda Kutai Kartanegara hadiri Rakor Fasilitasi Rancangan Perkada Tentang RKPD Kabupaten / Kota Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Timur sebagai tindak lanjut dari Amanah Pasal 102 Ayat 2 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Pertemuan dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah Rina Juliati, didampingi seluruh Sub Koordinator Perencana di lingkungan Bappeda Provinsi Kaltim itu membahas dan mengevaluasi dokumen rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), pertemuan berlangsung sejak tanggal 20 -24 Juni 2022 di SwissBell Hotel Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut Kabid Rina Juliati menjelaskan bahwa konsistensi antara perencanaan dan penganggaran adalah hal yang sangat penting, karena dokumen RKPD akan menjadi dasar pedoman dalam penyusunan KUA-PPAS, sehingga Bapak/Ibu perlu memastikan kembali bahwa seluruh program/kegiatan/sub kegiatan yang rencana dilaksanakan di tahun 2023 beserta rumusan kinerjanya, telah terakomodir di dalam dokumen RKPD.

Rina juga mengingatkan bahwa adanya perubahan substantif pada tahap penganggaran yang sifatnya diluar dari perencanaan perlu untuk dihindari.

Sementara itu Plt. Kepala Bappeda Syarifah Vanesa Vilna, didampingi Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah, Saiful  Bahri, Kepala Bidang Perencanaan Sarana dan Prasarana, Hery Setywan, Sub Koordinator Perencanaan Pembangunan Daerah, Suriansyah, Sub Koordinator Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Ferdian Nur, Sub Koordinator Perencanaan Ekonomi Indah Fitriani.

Plt Kepala Bappeda Vanesa dalam paparannya menjelaskan antara lain mengenai arah kebijakan Pembangunan Kutai Kartanegara dan dukungan terhadap kebijkan pemerintah Provinsi, serta permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah tahun 2023.

Plt. Kepala Bappeda Vanesa menjelaskan Tema Pembangunan di tahun 2023 adalah Peningkatan Infrastruktur dan SDM yang berkualitas untuk mendukung tranformasi ekonomi yang inkulisif, dengan Fokus dan Prioritas sebagai berikut ;

Pertama Penyediaan Infrastruktur Dasar dan kebijakan konektivitas wilayah yang berkualitas, dengan prioritas pembangunan penyediaan infrastruktur jalan, listrik desa, penataan perumahan permukiman, air bersih dan sanitasi yang sehat, layak dan aman.

Kedua, Peningkatan Kualitas Tata Kelola pemerintahan yang baik dan SDM yang berdaya saing ; prioritas pada penataan menejemen organisasi dan penguatan koordinasi perangkat daerah, penataan manejemen dan keuangan dan aset daerah, peningkatan jangkauan dan akses layanan Pendidikan yang bermutu, penguatan modal sosial budaya, solidaritas sosial dan ketahanan sosial dalam kehidupan kemasyarakatan, promosi dan penerapan perilaku hidup bersih sehat aman dan produktif dan peningkatan daya saing tenaga kerja, ketrampilan perempuan dan pemenuhan hak hak anak.

Ketiga, Peningkatan nilai tambah potensi ekoomi terbarukan dan kualitas lingkungan hidup ; berfokus pada percepatan pembangunan desa sebagai basis pruduksi pangan dan pemberdayaan masyarakat, peningkatan produktivitas, nilai tambah dan pendapatan dari pertanian, perkebunan peternakan dan kehutanan serta pemulihan daya dukung lingkungan.

Pada kesempatan tersebut ada beberapa masukan dan saran yang diberikan oleh Bappeda Provinsi antara lain ada di bidang Sumber Daya beberapa kegiatan yang indikatornya belum terisi, perlu ada fokus pembangunan di sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan masih ada kekurangan data-data pendukung. Output fasilitasi ini adalah Berita Acara Hasil Pelaksanaan Fasilitasi, serta Surat Gubernur tentang hasil Fasilitasi Ranperkada RKPD Tahun 2023 yang menjadi dasar dalam penyempurnaan Ranperkada RKPD Kutai Kartanegara Tahun 2023.