Layanan E-mail bappeda@kukarkab.go.id
Senin - Jumat 07:30 - 16:00
bappeda@mail.kukarkab.go.id Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara

Berita

Blog Detail Image

Bappeda gelar Rakor Sinergi Pelaksanaan Program JKN

Bappeda Kukar menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari ini, Kamis (16/6/22) bertempat di Ruang Rapat Lantai I Bappeda Kutai Kartanegara di Tenggarong. 

 

Rakor dibuka Sekda Kukar Sunggono dihadiri Kadinkes Kukar Martina Yulianti, Kabid Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Cabang Samarinda Arbayah Ropika, Kepala BPJS Wilayah Kerja Kukar Ika Irawati, Plt. Kepala Bappeda Syarifah Vanesa Vilna, Kabid Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah (P3D) Syaiful Bahri, Ketua  Gugus Tugas Kukar Idamanan (GTKI) M. Surya Irfani, dan  anggota GTKI Iskandar, Forum Komunikas TJSP, dan Mitra TJSP/Perusahaan. 

 

Ropika menjelaskan  Kukar  lebih dulu mencapai Universal Health Coverage (UHC) disusul  Mahakam Ulu lalu Kota Bontang, tapi dari sisi capaian kepesertaan di Kukar telah mencapai 100%.

 

Rakor tersebut menghasilkan rumusan Sinergitas Program JKN dengan Program CSR/THJSP  dengan hasil sebagai berikut : 

 

Pertama, mendorong seluruh perusahaan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Program JKN serta pencapaian target nasional berdasarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2022 dengan peserta aktif minimal sebesar 85%. 

 

Kedua, BPJS menyediakan data-data by name-by address peserta yang menunggak/tidak aktif yang selanjutnya disampaikan kepada Dinas Sosial untuk dilakukan crosscheck terhadap Data DTKS. Selanjutnya Dinas Sosial akan memberikan rekomendasi peserta prioritas kepada Forum Komunikasi TJSP untuk didistribusikan dan ditindaklanjuti oleh masing-masing perusahaan/mitra TJSP.

 

Ketiga, menginstruksikan kepada seluruh  perusahaan agar menindaklanjuti dengan melakukan verifikasi data peserta yang menunggak bersama dengan kecamatan/desa/keluarahan di wilayah operasi dan dikoordinasikan secara teknis dengan BPJS untuk masuk dalam Program Crowdfunding yang disinergikan dengan arah program TJSP/CSR masing-masing Perusahaan. 

 

Keempat, perusahaan menyampaikan kesediaan dan melampirkan peserta yang masuk dalam Program Sinergitas Program JKN dan Program CSR/TJSP kepada Bappeda melalui Tim Fasilitas, paling lambat minggu ke II Bulan Juli 2022.

Kelima, perusahaan yang tidak dapat ikut serta dalam program JKN melalui Program CSR/TJSP agar dapat menyampaikan alasan secara tertulis kepada Bupati Kutai Kartanegara.